PENGARUH TEGANGAN PERMUKAAN DAN LAPISAN GANDA ELEKTRIK TERHADAP KESTABILAN EMULSI KRIM ANTI NYAMUK AEDES AEGYPTI

  • Wita Pradiani Sekolah Tinggi Analisis Kimia Cilegon
  • Riska Zulhaini Sekolah Tinggi MIPA Bogor
  • Arief Heru Prianto Pusat Penelitian Biomaterial LIPI Cibinong, Bogor, Jawa Barat
Keywords: Kestabilan emulsi,, Potensial Permukaan,, Tegangan Permukaan

Abstract

Insect repellent atau replan adalah bahan yang memiliki kemampuan untuk melindungi manusia dari gigitan nyamuk bila dioleskan ke permukaan kulit.  Pengendalian yang sering digunakan adalah pemberian insektisida sintetik yang dapat menimbulkan banyak dampak negatif.  Alternatif yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan insektisida nabati dari minyak biji mimba yang kandungan senyawa utamanya azadirachtin.  Minyak biji mimba diformulasikan ke dalam sediaan emulsi dalam bentuk krim, dimana pengujian yang dilakukan  memilih konsentrasi  emulgator yang baik untuk sediaan krim minyak biji mimba dengan menguji kestabilan emulsi (Viskositas, Ukuran Droplet ). Berdasarkan data yang diperoleh emulgator yang baik adalah dengan konsentrasi asam stearate 4% dan setil alcohol 7% dengan nilai droplet 21,872 dan nilai viskositas 5150 cps. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan  menunjukkan adanya  pengaruh viskositas dan ukuran droplet terhadap kestabilan emulsi krim anti nyamuk Aedes aegypti yang mengakibatkan penurunan tegangan permukaan dan peningkatan potensial permukaan)

 

 

References

Azmi, L,dan Sajida NG, 2016,” Pengaruh Penambahan Surfaktan Terhadap Kestabilan Emulsi Solar-Air Sebagai Bhan Aternatif Pada Mesin Diesel,Skripsi Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.
Bird, T,(1985), Kimia Fisika Untuk Universitas,Penerbit:PT Gramedia, Jakarta
https://farmasetika.com,”Tegangan Permukaan dan Antarmuka Pengaruhi Kestabilan Suspensi Antasida
https://gudangilmu.farmasetika.com,”Tegangan Permukaan dan Antarmuka dakam Sediaan Emulsi
Zulhaini, R. 2018,” Analisis Kestabilan Emulsi Dan Efektivitas Minyak Biji Mimba(Azadirachta indica A, Juss) Sebagai Repellent Terhadap Nyamuk Aedes aegypti”, Skripsi Program Studi Kimia Jurusan Kimia Sekolah Tinggi Mipa Bogor.
Published
2022-06-12
How to Cite
Pradiani, W., Zulhaini, R., & Heru Prianto, A. (2022). PENGARUH TEGANGAN PERMUKAAN DAN LAPISAN GANDA ELEKTRIK TERHADAP KESTABILAN EMULSI KRIM ANTI NYAMUK AEDES AEGYPTI. Jurnal Farmamedika (Pharmamedika Journal), 7(1), 41-47. https://doi.org/10.47219/ath.v7i1.143