HUBUNGAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN DI APOTEK ASKIA BOGOR

  • Karuma Barza Afida Sekolah Tinggi Teknologi Industri Farmasi Bogor
  • Dian Puspaningrum Apotek Askia
  • Sri Handayani Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Industri Dan Farmasi Bogor

Abstract

Pelayanan kefarmasian di apotek merupakan pelayanan yang bertanggungjawab kepada setiap pelanggan yang melakukan transaksi di apotek dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan pasien. Pelayanan kefarmasian yang berkualitas berpotensi memotivasi keputusan pembelian di Apotek. Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat hubungan tingkat kualitas pelayanan kefarmasian dengan keputusan pembelian pelanggan di Apotek Askia Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan memberikan kuesioner kepada 99 sampel menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan datanya. Data dianalisis dengan uji korelasi Somers’d. Data hasil uji Somers’d menunjukkan nilai p-value 0,017<0,05 yang mengindikasikan terdapat hubungan signifikan antara tingkat kualitas pelayanan kefarmasian dengan keputusan pembelian pelanggan di Apotek Askia Bogor. Nilai koefisiensi Somers’d sebesar 0,249 mendeskripsikan keeratan hubungan yang rendah dan searah.

Published
2025-02-19
How to Cite
Afida, K. B., Puspaningrum, D., & Handayani, S. (2025). HUBUNGAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN DI APOTEK ASKIA BOGOR. Jurnal Farmamedika (Pharmamedika Journal), 10(1), 18-21. https://doi.org/10.47219/ath.v10i1.391